VISI, MISI, dan TUJUAN

VISI PROGRAM STUDI

 

“Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing dalam bidang kesehatan masyarakat di lingkungan lahan basah”

MISI PROGRAM STUDI

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada nilai integritas dan unggul dalam Bidang Kesehatan Masyarakat di lingkungan lahan basah.
2. Menyelenggarakan penelitian yang kreatif dan inovatif dalam Bidang Kesehatan Masyarakat di lingkungan lahan basah.
3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan pemberian informasi kesehatan dalam Bidang Kesehatan Masyarakat di lingkungan lahan basah.
4. Menyelenggarakan diseminasi karya Ilmiah di tingkat Lokal, Nasional maupun internasional.
5. Melaksanakan kerjasama dengan pihak swasta, perguruan tinggi, dan pemerintah.
6. Memantapkan tata kelola yang transparan dan akuntabel.

TUJUAN

Tujuan Umum

Sejalan dengan misi dari PS Kesehatan Masyarakat FK Universitas Lambung Mangkurat, maka tujuan yang akan dicapai adalah:

  1. Menghasilan lulusan yang memiliki nilai integritas, unggul dan terdepan dalam menguasai Ilmu Kesehatan Masyarakat di bidang lingkungan basah dengan mengutamakan isu strategis kesehatan masyarakat. 
  2. Menghasilkan karya ilmiah bermutu tinggi, kreatif dan inovatif baik secara teoritik-konseptual ataupun metodologi yang dapat memperkaya pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi ilmu kesehatan masyarakat yang selaras dengan pembangunan kesehatan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta aktif dalam membantu pemerintah, masyarakat dan pemangku kebijakan terutama dalam bidang kesehatan masyarakat pada lahan basah serta menyebarluaskan informasi kesehatan berdasarkan hasil kajian ilmiah untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat.
  4. Menghasilkan kegiatan-kegiatan dalam rangka menyebarkan hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat pada tingkat lokal, nasional dan internasional
  5. Menghasilkan jejaring dengan pihak swasta, perguruan tinggi, dan pemerintah.
  6. Mewujudkan tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, partisipasi dan koordinasi.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat sebagai lembaga pendidikan akademik dan keprofesian secara terintegrasi dalam rangka mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar dengan menyelesaikan seperangkat kurikulum, sehingga mempunyai cukup pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk:

  1. Melaksanakan Pendidikan kesehatan masyarakat dalam suatu Sistem Kesehatan Nasional sesuai dengan kebijaksanaan umum pemerintah yang mencakup:

  • Menghayati dan memahami pembangunan di Bidang Kesehatan sebagai bagian dari Pembangunan Nasional
  • Menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, maka dalam rangka menerapkan kemampuan profesionalnya untuk mengidentifikasi, menganalisis, menilai dan menentukan prioritas permasalahan kesehatan masyarakat dengan menimbang berbagai faktor khususnya dalam bidang perilaku, lingkungan dan pencegahan.
  • Memiliki kemampuan untuk menyusun rencana, melaksanakan, mengawasi dan melakukan penilaian upaya-upaya pelayanan kesehatan, baik yang bersifat promotif dan preventif tanpa mengabaikan kegiatan kuratif dan rehabilitatif.
  • Bekerjasama dengan berbagai sektor dan disiplin ilmu dalam pembinaan, pendidikan, pelayanan dan pembangunan kesehatan masyarakat.
  • Menunjukkan kemampuan sebagai pemimpin dan bekerjasama bersama masyarakat dalam suatu tim pembinaan dan pembangunan kesehatan masyarakat.

2. Mampu bersikap proaktif, bersedia menerima dan mampu menggunakan pengetahuan dan teknologi baru untuk membentuk dan memperkuat kepribadiannya sebagai warga negara Indonesia yang bertanggung jawab.

3. Bersikap kritis dan menunjukkan sikap terbuka terhadap cabang- cabang ilmu (alam, biomedik, sosial budaya, ekonomi) dan teknologi baru lainnya serta menjadikan landasan pembentukkan kepribadiannya sebagai ilmuwan dan professional di bidang kesehatan masyarakat.

4. Memahami dan dapat menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan dan menguraikan dimensi-dimensi kesehatan, baik sebagai ilmuwan dan profesi kesehatan masyarakat.

5. Peka dan peduli terhadap masalah-masalah kesehatan masyarakat yang kemudian ditunjukkan dengan rasa penuh tanggung jawab dan keterikatannya untuk memecahkan, menyelesaikan dan melakukan pembinaan kesehatan kepada masyarakat.

6. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan diri dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya ilmu kesehatan masyarakat dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.