Audit Mutu Internal (AMI) pada Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM

Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM, Banjarbaru (14/09/2021) – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran (PSKM FK) ULM pada pada Senin (13/09/2021) telah melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) secara online menggunakan media Converence Zoom Meeting. Sebelumnya, sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) sudah dilaksanakan pada hari Senin, 16 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh Koordinator Program Studi D3, S1, S2 dan S3, Ketua Pengelola Profesi dan Spesialis, serta Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas dan Pasca Sarjana di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat.

Gedung Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara berkala dan terus menerus dengan melakukan penyesuaian terhadap Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Adapun tahapannya menggunakan siklus PPEPP atau Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan, sehingga seyogyanya sebuah kegiatan yang diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan standar, kemudian dilakukan Audit Mutu Internal (AMI) sebagai proses evaluasi untuk melihat kesesuaian antara proses/pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan.

Ruang lingkup AMI harus mencakup pemeriksaan kecukupan dan efektifitas struktur pengendalian internal serta kualitas kinerja perguruan tinggi dalam melaksanakan tanggung jawab pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Proses AMI harus direncanakan dengan baik dengan menetapkan kapan waktu pelaksanannya, siapa auditornya, siapa auditee (area audit) dan apa saja batasan standar yang akan diaudit.

Pelaksanaan AMI PSKM FK ULM secara Daring

Adapun jadwal pelaksanaan AMI terbagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap I, pengisian instrumen dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus-27 Agustus 2021 dan pelaksanaan audit tahap I dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus-13 September 2021. Sedangkap pada tahap II, pengisian instrumen dilaksanakan pada tanggal 1-10 September 2021 dan pelaksanaan audit tahap II dilaksanakan pada tanggal 15-22 September 2021. 

PSKM FK ULM melaksanakan AMI tahap I pada hari Senin, 13 September 2021, yang mana auditor 1 dan 2 untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM adalah Dr. Dewi Erika Adriani, SP., MP., Ph. D dari Fakultas Pertanian ULM dan Desy Maulina, SE., ME dari Jurusan IESP Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM. PSKM FK ULM memperoleh nilai keseluruhan pada skor Audit Mutu Internal (AMI) adalah 82,48 dengan persentase dalam nilai AMI adalah 82,48%. Hal ini merupakan capaian mutu yang sangat bagus dan diharapkan dapat menjadi sistem penjaminan mutu yang efektif di Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM. “Alhamdulillah capaian Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi Kesehatan Masyarakat tahun ini meningkat, semoga dapat melengkapi masukan dari auditor”, tutur Laily Khairiyati, SKM., MPH selaku Koordinator PSKM FK ULM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *