Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Alami Untuk Warga Banjarmasin

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa “Pemberdayaan Masyarakat dalam Produksi Hand Sanitizer Berbahan Alami pada Masa Pandemi” dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2021 dan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan Sungai Miai Kota Banjarmasin. Kegiatan dilaksanakan secara luring yang bertempat di Dasawisma Kenanga Kota Banjarmasin. Peserta kegiatan pengabdian ini sebanyak 15 Orang.

Saat masa pandemic ini hand sanitizer sangat dibutuhkan masyarakat terutama saat beraktivitas diluar rumah. Selain itu, pada masa pandemi ini beberapa masyarakat juga terdampak perekonomiannya. Melalui dharma pengabdian masyarakat, FK ULM melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan hand sanitizer dan pemasaran online untuk produk yang dihasilkan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO maupun menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan serta dapat pula menjadi peluang usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Mitra kegiatan ini adalah TP-PKK Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin. Kegiatan pengabdian dilaksanakan secara luring dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang. Kegiatan ini akan di publikasikan melalui media massa dan publikasi pada jurnal atau prosiding. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan peserta terkait pemasaran online sebelum dan sesudah pemberian edukasi. Terdapat 75 botol hand sanitizer yang terproduksi dalam kegiatan pelatihan untuk kemudian  dipasarkan secara online oleh masing-masing peserta. Diharapkan peserta dapat memproduksi hand sanitizer dan membuat akun online untuk penjualan produknya serta mampu melakukan promosi produk. Rekomendasi kepada pihak TP-PKK Kelurahan Sungai Miai untuk tetap mengembangkan produksi dan pemasaran produk hand sanitizer dengan berbagai inovasi lainnya.

Kegiatan pembuatan hand sanitizer dilaksanakan dengan praktik langsung oleh narasumber yang kemudian diikuti oleh peserta. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Alat, bahan dan cara pembuatan sesuai dengan standar WHO

“Berdasarkan panduan pembuatan hand sanitizer yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Handsanitizer yang efektif membunuh kuman penyakit dan aman untuk kulit adalah yang mengandung setidaknya 60% alkohol dan pelembab kulit. Bahan-bahan yang ada dalam proses pembuatan hand sanitizer berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang mungkin ada di dalam larutan,” ungkap wasilah Ketika ditemui pada Selasa (16/11/2021).

Berita selengkapnya bisa dilihat pada link berikut Lebih lanjut wasilah mengatakan, saat masa pandemi ini hand sanitizer sangat dibutuhkan masyarakat terutama saat beraktivitas diluar rumah. Selain itu, pada masa pandemi ini beberapa masyarakat juga terdampak perekonomiannya. Pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan hand sanitizer dan pemasaran online untuk produk yang dihasilkan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO maupun menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan serta dapat pula menjadi peluang usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

berita selengkapnya bisa di lihat pada link berikut https://fk.ulm.ac.id/id/2021/11/22/fk-ulm-membuat-hand-sanitizer-berbahan-alami/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *