Teknologi Tepat Guna (TTG) Filtrasi Air Dari Mahasiswa ULM Mampu Meningkatkan Kualitas Air Warga Desa Tegal Sari

Kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa Kesehatan Masyatakat Fakultas Kedokteran ULM tahun 2022 dilaksanakan di Desa Tegal Sari, Kecamatan Satui, yang mana kegiatan ini berkeja sama dengan PT Arutmin Indonesia Site Satui. 

Kegiatan PBL ini telah dimulai pada awal tahun 2022 tepatnya pada tanggal 28 Februari 2022 dan berakhir pada 22 Agustus 2022. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan mulai dari penentuan prioritas masalah hingga intervensi untuk pemecahan masalah. Penentuan prioritas masalah didapatkan dengan kegiatan pengumpulan data primer dan sekunder dari warga Desa Tegal Sari.

Dalam hasil diagnosa komunitas yang telah dilakukan pada masyarakat RT 4 dan RT 5 Desa Tegal Sari didapatkan data bahwa masyarakat masih kesulitan untuk perolehan air bersih. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat masih menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari. Berdasarkan data dan pengamatan yang kami dapatkan kondisi air sumur yang digunakan oleh masyarakat masih belum memenuhi standar air bersih mulai dari air yang masih keruh, memiliki bau tak sedap dan terdapat partikel-partikel yang masih terbawa di air.  Selain itu masyarakat Desa Tegal Sari juga masih kurang pengetahuan tentang konsep air bersih itu sendiri. 

Berdasarkan permasalahan tersebut mahasiswa PBL Kesehatan Masyarakat FK ULM melakukan kegiatan intervensi kepada masyarakat berupa kegiatan penyuluhan dan pembuatan Teknologi Tepat Guna (TTG) Filtrasi air sederhana skala rumah tangga.

Dengan terlaksananya kegiatan penyuluhan tersebut diharapkan mampu menambah pengetahuan masyarakat mengenai konsep air bersih itu sendiri. Sehingga dengan upaya tersebut mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih meningkatkan kualitas kesehatannya.

Selain itu pembuatan dan pemasangan TTG Filtrasi air sederhana juga diharapkan mampu secara langsung meningkatkan kualitas air masyarakat setempat. Dengan demikian masyarakat juga merasa terbantu dan difasilitasi untuk pemenuhan air bersih sehari-harinya.

Seluruh rangkaian kegiatan intervensi mahasiswa PBL Kesehatan Masyarakat FK ULM ini pun mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Kepala Desa Tegal Sari, Bapak Sunarto. “Kami merasa sangat terbantu dengan kedatangan rekan-rekan mahasiswa sekalian di Desa kami. Kegiatan yang rekan-rekan lakukan juga tentunya dapat membantu kami untuk mengetahui bagaimana permasalahan Kesehatan yang ada di Desa Tegal Sari ini. Dan dengan intervensi yang rekan-rekan berikan kami tentunya merasa sangat terbantu dan berterima kasih. Untuk semua kegiatan intervensi rekan-rekan sekalian akan kami upayakan agar mampu dianggarkan di Dana Desa pada tahun- tahun kedepan.” Ucap Bapak Sunarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *