SEMANGAT MILLENIAL DALAM MEMPERTAHANKAN MOTIVASI AKADEMIS DI ERA KENORMALAN BARU

Selama pandemi COVID-19, kita mengalami perubahan yang sangat drastis dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kita sebagai manusia dipaksa harus merubah segala aktivitas dengan cara maupun metode baru. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar, yang biasanya dilakukan dengan tatap muka berubah menjadi metode dalam jaringan (online). Tentu banyak sekali masalah, hambatan maupun tantangan yang dihadapi dalam transisi ini, baik dari sisi pengajar maupun pelajar. Salah satunya adalah motivasi untuk tetap belajar.

Menanggapi situasi tersebut, Unit Konseling dan Pengembangan Karir Progam Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (UKPK PSKM FK ULM) menggelar webinar dengan tema “Nothing Impossible: Bagaimana cara mempertahankan motivasi akademis di era kenormalan baru?”. Webinar ini diselenggarakan pada Selasa, 15 September 2020 yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian webinar series Program Studi Kesehatan Masyarakat sekaligus memperingati Dies Natalis ke-30 Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Dengan menggait 2 narasumber yaitu Dosen Psikologi FK ULM, Marina Dwi Mayangsari, M.Psi., Psikolog, serta Content Creator & Social Media Officer, yang kerapkali ke mancanegara atas prestasinya selama kuliah, Imam Hidayat, S.P, webinar ini mengupas bagaimana menghadapi tantangan hidup dengan gairah millenial.

Dalam paparannya Ibu Marina menjelaskan bahwa kendala belajar-mengajar dalam perkuliahan pada era kenormalan baru ini antara lain: terhambatnya proses pembelajaran dan sidang proposal maupun sidang hasil bagi mahasiswa tingkat akhir, sinyal yang tidak stabil, proses persebaran bantuan kuota yang tidak merata, tidak semua mahasiswa memiliki peralatan penunjang perkuliahan, beberapa mata kuliah praktik yang tidak bisa dilaksanakan daring, serta jadwal perkuliahan yang terkadang berbenturan.
Sehingga untuk menjaga motivasi agar terus semangat dalam menuntut ilmu, beliau memberikan tips-tips antara lain membagi-bagi tugas yang besar, memanfaatkan waktu dengan baik, menetapkan sasaran dalam setiap kegiatan, memberikan hadiah pada diri sendiri ketika sudah mencapai tujuan, mencari bantuan jika merasa kesulitan, serta belajar bersama teman (via online). Apabila masih tidak memiliki motivasi atau malas yang berkelanjutan, maka kita perlu mengevaluasi target yang telah ditetapkan, jangan menghindari tanggung jawab, membuat skala prioritas, serta berpegang pada jadwal yang telah dibuat.

Selain itu Pak Imam membagikan pengalamannya selama berkuliah, yang pernah mengalami situasi terpuruk mendapat IPK 1 koma hingga dapat bangkit kembali bahkan dapat mengikuti program-program pertukaran mahasiswa di beberapa mancanegara, serta mendapatkan beberapa prestasi yang mengagumkan di bidang penelitian. Beliau menjelaskan bahwa pembelajaran di perkuliahan bukan hanya di ruang kelas, tetapi ada di luar kelas yaitu bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Kemudian beliau memaparkan bagaimana teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan revolusi industri 4.0 generasi millenial, yaitu bukan hanya dipakai untuk kegunaan media sosial ataupun game, tetapi bagaimana bisa memanfaatkan teknologi tersebut agar dapat menjadi suatu hal yang berguna dan berpeluang menjadi suatu prestasi dan kesuksesan.

Antusiasme dari webinar kali ini dirasakan khususnya dari kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran, terbukti dengan dihadirinya peserta sebanyak sekitar 250 orang, melalui tayangan zoom dan live streaming youtube. Tahap diskusi antara narasumber dan peserta pun berjalan sangat lancar dibantu dengan adanya moderator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *