Webinar Kuliah Umum “Covid-19 : Fenomena New Epicentrum VS New Normal Life

Jum’at, 5 Juni 2020. Sehubungan dengan Misi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKM FK ULM) yang salah satunya adalah menyelenggarakan program Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai integritas, unggul dan terdepan ditingkat nasional, dalam llmu Kesehatan Masyarakat di Bidang Lingkungan Lahan Basah dengan memperhatikan issue strategis kesehatan masyarakat yang berkembang, maka salah satu program kerja yang bertujuan untuk mencapai misi tersebut adalah dengan menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan penentuan topik disesuaikan dengan permasalahan kesehatan masyarakat yang sedang terjadi. Mengingat kondisi pandemic Corona Virus 19 (Covid-19) yang sedang terjadi, maka PSKM FK ULM menyelenggarakan kegiatan Webinar Covid 19: Fenomena New Epicentrum Vs New Normal Life. Kegiatan bekerjasama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Pengda Kalsel.

Webinar dimulai dengan sambutan oleh Rektor Webinar dimulai dengan Penyampaian Laporan Kegiatan oleh ketua pelaksana, Rudi Fakhriadi. Pada inti acara dimulai dengan penyampaian materi dari juru bicara Presiden RI, M Fajroel Rachman dengan tema “Kenormalan Baru : Katup Penyelamat di Masa Pandemi”. Kemudian dilanjutkan oleh Narasumber Dr. H. Muhammad Muslim yang menyampaikan materi tentang “Kesiapan Kalimantan Selatan Menghadapi Fenomena New Epicentrum”. Lalu dilanjutkan dengan materi dari Adi Nugroho, Ph.D, dosen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku PSKM FK ULM yang mengangkat tema “Promotion Healthy Behaviors in the New Normal”. Materi yang sudah disampaikan dibahas oleh 2 Pakar Kesehatan Masyarakat, Didi Ariady, SKM, M.Kes yang merupakan Ketua IAKMI Pengda Kalsel dan Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin sebagai Guru Besar Bidang Kebijakan Kesehatan.

Sambutan Prof. Dr. Zairin Noor, dr. Sp.OT(K), MM selaku Dekan FK ULM menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sesuai dengan misi dari FK ULM serta PSKM selaku pelaksana kegiatan ini, Beliau menghimbau agar kegiatan-kegiatan akademis yang sesuai dengan issue strategis menjadi perhatian Bersama untuk dilakukan kajian ilmiah. Beliau menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran pak Fadjroel Rachman untuk memberikan Kuliah Tamu di PSKM FK ULM.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M. Si, M. Sc. Beliau dalam sambutannya mengutarakan mengenai kekhawatirannya perihal tingkat penyebaran Covid-19 di Kalsel yang semakin meningkat, dan bahkan menjadi salah satu wilayah dengan kasus tertinggi di Indonesia. Menurutnya perguruan tinggi memang perlu selalu dilibatkan dalam memecahkan masalah termasuk pandemi Covid-19.

Kegiatan Webinar ini dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet dan disiarkan langsung melalui Channel Youtube Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM yang diikuti hampir dua ratus peserta. Diakhir kegiatan terdapat penyerahan donasi dari M. Fajroel Rachman, Alumni PSKM FK ULM serta Tim Dosen PSKM FK ULM kepada ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie. M. Kes, Sp. F, SH yang dibuktikan dengan Berita Acara serah Terima Donasi. Dr. Iwan menyatakan bahwa Donasi yang diterima akan didistribusikan oleh Tim kepada tenaga kesehatan untuk kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui Tim Relawan FK ULM. Donasi ini merupakan bentuk perhatian dari para Donatur untuk tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan.

__________

Admin

Jejak live streaming youtube bisa diakses dihttps://youtu.be/bPXjkISZ3XM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *